blog resmi Masjid Agung Riadhusshalihin Barabai Kalsel ......................created by Saifur Rakhman

Rabu, 10 Juli 2013

MENYAMBUT DATANGNYA BULAN RAMADHAN


MENYAMBUT DATANGNYA BULAN RAMADHAN
(Khutbah Jum’at 5 Juli 2013)
Oleh : Drs. H. M. Yamani, M.Pd.I
(Kepala Kementrian Agama Kab. HST)
  


 
الحمد لله الذى جعل رمضان شهر الصيام C اشهد ان لا اله الاّ الله وحده لا شريك له المنعم المنّان @ واشهد انّ محمداً عبده ورسوله المبعوث بأشرف الأديان @ اللّهمّ صلّى وسلّم على سيّدنا محمّد وعلى اله وصحبه اهل الفصل والعرفان @ (امّا بعد) فيا عباد الله اوصيكم ونفس بتقوالله فقد فازالمتّقون @ اتّقواالله حقّ تقاته يلا تمو تنّ الاّ وانتم مسلمون @ اعوذ با الله من الشّيطان الرّجيم:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ ﴿١٨٣﴾
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah:183)

Hadirin Sidang Jum’at Rahimakumullah …..
Iman dan taqwa mutlak harus dilestarikan, karena iman dan taqwa merupakan alat untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dan taqwa juga sebagai tujuan utama fokus kehidupan.
Waktu terasa teramat cepat, waktu demi waktu kita lalui dan sekarang sampailah kita pada bulan Ramadhan, yakni bulan dimana diwajibkan kita untuk berpuasa.
Ada tata-cara menyambut datangnya bulan suci ramadhan yaitu antara lain:
1).       Memanjatkan do’a memohon kehadirat Allah agar dipanjangkan umur kita untuk bisa ketemu dengan setiap bulan Ramadhan.
2)         memohon agar dikuatkan fisik dan mental, jasmani dan rohani agar kita dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya penuh gairah.
3)         memperlihatkan wajah, hati dengan penuh kegembiraan sebagaimana himbauan Rasulullah agar kita dalam menyambut bulan Ramadhan sebagaimana kita menyambut datangnya tamu yang mulia. Orang yang menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan dijamin oleh Rasulullah bahwa orang tersebut tidak akan masuk neraka. Sebagaimana sabda Nabi r :

مَن فرح بدخول رمضان حرّم الله جسدَه على النّيران

             “Barangsiapa bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan diharamkan oleh Allah api neraka menyentuh jasadnya” (lihat Kitab Durratun Nashihin)

Hadirin sidang Jum’at Rahimakumullah …..
Arti Harfiah Ramadhan adalah panas (terik). Tetapi justeru kemudian kehadiran Ramadhan itu menghapus noda dan dosa serta kesalahan yang kita lakukan, agar kita menghadapnya kembali dalam keadaan fitrah.
Ramadhan merupakan bulan yang didalamnya terdapat tiga momentum yang harus kita manfaatkan dimana pada sepuluh hari pertama merupakan rahmat, sepuluh hari kedua merupakan ampunan dan sepuluh hari ketiga merupakan pembebasan dari api neraka.
4)    Tata-cara keempat adalah membersihkan diri lahir dan bathin, saling maaf memaafkan diantara  kita ummat Islam, sehingga tidak ada terselip sedikitpun dalam hati noda dan dosa.
5)   Mengulang-ulang syarat, rukun dan hal-hal yang membatalkan puasa serta keutamaan-keutamaan ibadah di bulan Ramadhan.
Seseorang yang tidak makan dan tidak minum dari terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari tidak dinilai berpuasa apabila tidak berniat untuk berpuasa.
Puasa juga dianggap batal (wajib menggantinya dihari lain) kalau ternyata sengaja melakukan hal-hal tersebut dibawah ini:
1.         makan dan minum dengan sengaja
2.         muntah dengan sengaja
3.         hubungan seksual suami-isteri disiang hari
4.         keluar darah haid bagi wanita dan
5.         mengeluarkan seperma/mani dengan sengaja.
Hakikat puasa adalah membentuk manusia bertaqwa intinya pengendalian diri. Puasa yang hanya menahan diri dari lapar dan haus serta hubungan seksual belum mencapai puasa tingkatan taqwa kecuali, dia mampu mengendalikan segala panca inderanya dari hal-hal yang mengurangi/membatalkan nilai puasanya. Sehingga Nabi saw memperingatkan bahwa berapa banyak orang yang melaksanakan puasa namun tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan haus.

كم من صائم ليس له من صيامه الا الجوع والعطس (الحديث)

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua dalam melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan yang penuh berkah ini dan semoga kita menjadi orang yang Taqwa. Amin yaa Rabbal ‘Alamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

blog resmi Masjid Agung Riadhusshalihin Barabai Kalsel ......................created by Saifur Rakhman