blog resmi Masjid Agung Riadhusshalihin Barabai Kalsel ......................created by Saifur Rakhman

Rabu, 27 Februari 2013


Menyikapi Ujian Hidup
Oleh : KH. Kaspul Anwar
(Wakil Ketua MUI Kec. Barabai)

Allah SWT menciptakan hidup dan kehidupan ini bukanlah main-main dan sia-sia belaka, apapun kondisi kita hidup ini sesungguhnya adalah sebagai ujian, siapa diantara kita yang paling baik amal perbuatannya yang paling bertaqwa. Allah berfirman:
Artinya:
Maha suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, (QS. Al-Mulk : 1-2)
Jama’ah Jum’at
Dari keterangan ayat tadi, kiranya jelaslah bagi kita bahwa apa saja yang kita alami dalam hidup ini sesungguhnya merupakan ujian dari Allah SWT. Jika kita sedang dalam kondisi hidup enak, serba cukup, itu pada hakikatnya adalah sebagai ujian Allah SWT, dapatlah kita mensyukurinya dan memanfaatkan sesuai dengan kehendak sang pemberi untuk mencapai keredhaan-Nya. Sebaliknya jika kita sedang mengalami masa-masa sulit, serba kekurangan, itupun sebagai ujian, sampai dimana ketahanan dan kesabaran kita serta bagaimana usaha kita untuk mencapai tatanan hidup yang lebih baik yang diridhai-Nya.
Jama’ah Jum’at
Disamping kesadaran bahwa hidup ini adalah sebagai ujian sebagaimana keterangan diatas tadi ada beberapa hal berikut ini yang perlu kita jadikan sebagai pegangan agar hidup kita dapat tenang, damai  dan selamat didunia dan di akhirat, yaitu:
Pertama: Setiap ujian yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya tentu mengandung hikmah yang positif bagi dirinya. Rasulullah e bersabda:
“Sesungguhnya bagi Allah, pada setiap ujian (yang diturunkan-Nya) terdapat karunia-Nya”.
Kedua : Menyadari sepenuhnya bahwa  dunia ini bersifat fana, apa saja yang ada di dunia ini bakal sirna atau musnah. Tidak ada sesuatu pun yang langsung dan abadi. Apapun yang terjadi di alam dunia ini bersifat sementara dan terbatas. Kesenangan terbatas dan kesedihan sebaliknya, kesedihan juga tidak selamanya, ada saat-saat manusia menikmati kesenangan pada saat yang lain terjadi sebaliknya. Allah berfirman:
Artinya:
semua yang ada di bumi itu akan binasa  dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. (QS. Ar-Rahman : 26-27)
Jama’ah Jum’at
Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2013 dengan harapan semoga hidup dan kehidupan lebih baik dan ketaqwaan kita lebih meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

blog resmi Masjid Agung Riadhusshalihin Barabai Kalsel ......................created by Saifur Rakhman