blog resmi Masjid Agung Riadhusshalihin Barabai Kalsel ......................created by Saifur Rakhman

Rabu, 27 Februari 2013


Sejarah Masjid Agung
Riadhusshalihin Barabai


Masjid Agung Riadhusshalihin adalah masjid terbesar yang berada di kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1962 dan merupakan salah satu wisata religius kebanggaan warga Barabai.[1][2]


Pembangunan Masjid Agung didasarkan dari niat Amirmachmud sewaktu menjadi Panglima Kodam X Lambung Mangkurat, dalam satu kesempatan kunjungannya ke Barabai, ia berniat mendirikan sebuah masjid dengan membeli sebidang tanah dengan harga Rp 1 Juta yang kemudian diwakafkan kepada Panitia Pembangunan Masjid. Niat untuk membangun Masjid dari Amirmachmud mendapat tanggapan positif dari banyak pihak sehingga bantuan untuk pembangunan mengalir dari para donator baik dari warga sekitar hingga luar daerah, bantuan juga mengalir dari Presiden RI, Kementerian Agama RI dan Pemerintah Kabupaten HST yang mengalokasikan dana khusus untuk rampungnya pembangunan masjid Agung.
Seiring waktu pembangunan Masjid Agung terus mengalami perubahan dan perbaikan, dari desain lama ke desain baru sehingga bangunan Masjid semakin kokoh, megah dan indah dipadu warna menghijau yang khas, atap kubah juga diganti agar tidak bocor lagi. Perubahan juga terjadi bentuk depan masjid dan halaman depan masjid yang luas makin cantik dipadu ragam tanaman penghijauan dan penerangan lampu di setiap sudutnya, daya tampung pun cukup untuk ribuan jemaah baik untuk lantai pertama dan kedua.



Referensi

Masjid Agung Riyadushalihin. www.beta.antarakalsel.com. Diakses pada 28 Juli 2012
Radar Banjarmasin, 2 Mei 2012. Diakses pada 28 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

blog resmi Masjid Agung Riadhusshalihin Barabai Kalsel ......................created by Saifur Rakhman